Tutorial Membuat Virtual Mechine Menggunakan Oracle VM Virtual Box!


Sangat senang rasanya jikalau CD/DVD milik kita yang berisikan sistem operasi, dapat kita uji cobakan di komputer sendiri. Namun kendalanya, untuk mencoba hal tersebut, diperlukan suatu keahlian yang tidak sedikit, dimulai dari pembagian partisi disk pada hardisk kita untuk kita gunakan sebagai dual OS, sampai dengan cara penginstalasiannya! Cara seperti itukan sangat merepotkan sekali tentunya bagi orang-orang yang “malas”! Tapi tenang aja, Saya telah menemukan aplikasi yang dapat digunakan untuk mencoba CD/DVD berisikan sistem operasi milik kita dengan mudah tanpa harus melakukan cara-cara diatas! Nah, aplikasi ini bernama Oracle VM VirtualBox! Sifatnya open source. Jadi klo mau mengunduhnya silahkan klik disini!
Pertama-tama kita instal terlebih dahulu aplikasinya! Nah, karena dalam proses penginstalasiannya sangatlah mudah, jadi saya lewati saja bagian ini.
Setelah selesai proses penginstalasiannya sehingga terbuka jendela halaman aplikasinya, maka buatlah terlebih dahulu virtual machinenya dengan menekan new pada icon bergambar matahari warna biru.

Setelah itu, akan muncul jendela baru, klik next dan masukkanlah data-data dari sistem operasi yang akan kita uji cobakan. Misalkan disini saya menggunakan Linux BlankOn versi 4.0!

Kemudian atur memory RAM yang akan kita pakai nantinya!

Kita ceklist start up disk kemudian pilih create new hardisk untuk membuat hardisk baru yang akan kita gunakan nantinya! Dan kapasitas hardisk yang direkomendasikan yakni 8 GB!

 Kita bisa memilih apakah ukuran virtual hard disk yang kita buat ini, diharuskan besaran kapasitasnya akan bisa berubah atau selalu tetap. Jadi, untuk penghematan sebaiknya kita pilih yang Dynamically allocated.

 Silahkan sesuaikan kapasitas hardisk yang ingin kita gunakan pada virtual machine ini!

 Kita pilih tombol create untuk menyelesaikan dalam pembuatan virtual mechine pada settingan yang kita buatkan itu tadi!

Maka jadilah tampilannya seperti dibawah ini! Kemudian tekan tombol mulai yang bergambar panah warna hijau.

Ini hanya Ucapan selamat datang. jadi klik saja langsung tombol Next!

Pilih media instalasi dari drive yang telah kita pasangkan CD/DVD dari sistem operasi yang akan kita install pada Virtual mechine ini!

Berikut adalah keterangan dari settingan yang kita lakukan tadi! Kemudian tekan tombol mulai untuk memulai penginstallasiannya!

Setelah itu, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini! Kita tinggal lakukan penginstalasian sebagaimana mestinya!

OK, Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian di Catatan Akbar kali ini. Semoga untuk kalian bermanfaat, dan akan menjadi amal jariyyah untuk saya pribadi. Akhir kata saya ucapkan “Selamat Mencoba !!!”.


Anda sedang membaca artikel tentang Tutorial Membuat Virtual Mechine Menggunakan Oracle VM Virtual Box! dan anda bisa menemukan artikel Tutorial Membuat Virtual Mechine Menggunakan Oracle VM Virtual Box! ini dengan url http://duniawebra-inspirasiku.blogspot.com/2012/05/tutorial-membuat-virtual-mechine.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya dan mengeditnya jika artikel Tutorial Membuat Virtual Mechine Menggunakan Oracle VM Virtual Box! ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tutorial Membuat Virtual Mechine Menggunakan Oracle VM Virtual Box! sumbernya.

Terjemahkan Dengan Bahasa: by

Baca juga ini:



3 komentar:

ace maxs [Balas/Tanggapi...] mengatakan...

makasih banyak gan tutorialnya...saya akan coba,,

Anonim [Balas/Tanggapi...] mengatakan...

yups

Sharul [Balas/Tanggapi...] mengatakan...

A very interesting post. Will come again for sure. Checkout just once mine one @
http://freeprintablecalendar123.com/2016/09/21/october-2017-calendar-landscape-portrait-a4-sheet/

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Tentang Penulis

Foto saya
Perkenalkan namaku Ridwan Akbar, Aku lahir di kota Majalengka. Terima Kasih! ^_^

Catatan Inspirasiku

Pendukungku

bunga-jodoh.com

Kalender Masehi

Iklan Pilihan


Recent Comments