Tutorial Belajar SQLyog (Bag 1)

Ketika beberapa waktu yang lalu mengambil mata kuliah praktikum PHP & MySQL, Oleh sang Dosen, kami selaku Mahasiswa hanya diperkenalkan dengan aplikasi command prompt (DOS). Dan karena aplikasi tersebut berbasis text, maka diperlukanlah pengkodingan dalam pembuatan database, tabel, input data, query, dll. Hal ini menurut saya sangat menyita sekali waktu perkuliahan sehingga dalam pengajarannya kurang efektif dan efisien. Alhasil, ilmu yang kami dapatkan pun sangatlah sedikit!  Dan  ketika selesai dalam perkuliahan, saya tertantang kembali untuk mempelajari PHP & MySQL, dan disaat itulah saya menemukan PHPmyAdmin yang menurut saya lebih User Frendly ketimbang menggunakan Command Prompt! Karena dengan menggunakan PHPmyAdmin, saya tidak perlu lagi terlalu direpotkan dengan pengkodingan yang rumit utk membuat sesuatu yang “kecil”! Tp setelah beberapa waktu kemudian, saya menyadari ternyata dugaan saya salah! Karena masih ada lagi aplikasi yang lebih bagus dari PHPmyAdmin yakni SQLyog! Nah lho?
Ok, karena aplikasi SQLyog ini menurut saya paling is the best, maka kali ini sengaja saya akan membuatkan tutorialnya untuk para pembaca sekalian.
Pertama-tama, kita harus punya aplikasinya tersebut. Jadi silahkan untuk browsing terlebih dahulu utk mencari dan mengunduhnya!
Buka aplikasi SQLyog dan hubungkan ke database!


 Isi password dengan password database kita!
 Kemudian kita dapat  membuat database misalkan dengan nama perpustakaan!


 Kemudian akan terbuka database perpustakaan seperti gambar di bawah ini :


Cara Pembuatan Tabel
Untuk membuat tabel di SQLyog kita cukup klik kanan di database dan pilih create tabel!


Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini:


Pada Gambar di atas menjelaskan bahwa kita bisa mengisi field-fieldnya beserta atributnya  sesuai dengan kebutuhan kita!


Setelah itu click create table dan akan muncul form di bawah ini:


Dari gambar di atas di jelaskan bahwa kita bisa mengisi nama tabel sesuai dengan keinginan. Setelah itu, apabila ada pertanyaan baru, maka Click yes jika kita ingin membuat tabel baru!
OK, Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian di Catatan Akbar kali ini. Semoga untuk kalian bermanfaat, dan akan menjadi amal jariyyah untuk saya pribadi. Akhir kata saya ucapkan “Selamat Mencoba !!!”.


Anda sedang membaca artikel tentang Tutorial Belajar SQLyog (Bag 1) dan anda bisa menemukan artikel Tutorial Belajar SQLyog (Bag 1) ini dengan url http://duniawebra-inspirasiku.blogspot.com/2012/05/tutorial-membuat-database-tabel-pada.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya dan mengeditnya jika artikel Tutorial Belajar SQLyog (Bag 1) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tutorial Belajar SQLyog (Bag 1) sumbernya.

Terjemahkan Dengan Bahasa: by

Baca juga ini:



1 komentar:

Obat Herbal Penyakit Kulit [Balas/Tanggapi...] mengatakan...

ilmu ku belum sampai sana tukh..kepengen sih belajar PHP...tp gimana lagi untuk biaya kuliahnya blum ada..

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Tentang Penulis

Foto saya
Perkenalkan namaku Ridwan Akbar, Aku lahir di kota Majalengka. Terima Kasih! ^_^

Catatan Inspirasiku

Pendukungku

bunga-jodoh.com

Kalender Masehi

Iklan Pilihan


Recent Comments