Cara Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Buku Saku

Hampir setiap tanggal 2 Mei bangsa Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional sebagai bukti komitmen Negara terhadap pentingnya pendidikan dalam memajukan dan membangun bangsa. Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang salah satunya melalui pendidikan, sampai saat ini masih banyak tantangan dan ketertinggalan dibanding dengan negara lain yang lebih dulu maju dalam meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusianya.
Pentingnya pendidikan dalam memajukan negara dan meningkatkan kualitas hidup penduduk memang telah terbukti. Suatu negara atau daerah yang berhasil dalam bidang pendidikannya telah dapat membawa negara dan bangsanya maju dalam berbagai bidang kehidupan. Melalui pendidikan
pula mereka bisa menjadikan perekonomian negara meningkat dan makmur, dilain pihak berbagai temuan ilmu pengetahuan dan teknologi lahir dari ide-ide kreatif penduduknya yang relatif mapan pendidikannya.
Sehubungan mengenai pendidikan, saya mempunyai gagasan/ide cemerlang guna meningkatkan sekaligus menyemangati para pelajar/murid/mahasiswa[i] dalam menempuh pendidikan. Yaitu dengan diadakannya buku saku.
Apa itu buku saku? Buku saku adalah buku yang berukuran minimalis mengenai kegiatan rutinitas sehari-hari pelajar diluar sekolah. Dengan adanya buku saku yang diberikan kepada anak sekolah semenjak dini (masih polos/jujur), maka mereka secara tidak langsung menyuruh dirinya sendiri untuk memiliki sikap/rasa disiplin. Karena tiap kegiatan yang dilakukannya setiap hari, baik itu belajar, membantu orang tua, mengaji dsb akan dicatat dalam buku sakunya, sehingga si anak belajar disiplin dan menghargai waktu.
Berkenaan dengan pelajaran disekolah, dengan adanya buku saku, saya yakin para murid akan menyibukkan dirinya untuk rajin belajar dirumah. Toh buku saku tiap murid/pelajar pasti akan diperlihatkan/dikumpulkan guna diperlihatkan kepada wali kelasnya masing-masing, sehingga para murid yang tidak belajar akan malu dibuatnya.
Berikut ini contoh daftar buku saku buatan saya sendiri, sbb;
Tgl/Hari
Belajar
Membantu Orang Tua
Mengaji
















OK, Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada Catatan Akbar hari ini. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang menyinggung baik dikatakan dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Semoga untuk selaku para pelajar/murid bermanfaat bila suatu saat nanti di amalkan, dan akan menjadi amal jarriyah untuk saya pribadi. Akhir kata saya ucapkan “Selamat Mencoba !!!”


Anda sedang membaca artikel tentang Cara Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Buku Saku dan anda bisa menemukan artikel Cara Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Buku Saku ini dengan url http://duniawebra-inspirasiku.blogspot.com/2011/01/cara-meningkatkan-kualitas-pendidikan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya dan mengeditnya jika artikel Cara Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Buku Saku ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Buku Saku sumbernya.

Terjemahkan Dengan Bahasa: by

Baca juga ini:



posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Tentang Penulis

Foto saya
Perkenalkan namaku Ridwan Akbar, Aku lahir di kota Majalengka. Terima Kasih! ^_^

Catatan Inspirasiku

Pendukungku

bunga-jodoh.com

Kalender Masehi

Iklan Pilihan


Recent Comments