Tips Membangun Aset di Akhirat Kelak

Percaya nggak orang-orang kaya jaman sekarang itu kerjaannya cuma sedikit? Bahkan nggak kerja sama sekali aja mereka tuh bisa menghasilkan uang. Kenapa bisa begitu? Jawabannya mudah kok, karena mereka mempunyai aset.
Aset adalah manfaat ekonomik masa datang yang cukup pasti atau diperoleh atau dikuasai/dikendalikan oleh suatu entitas akibat transaksi atau kejadian masa lalu. “Nggak ngerti dengan penjelasan diatas? Ok, saya jabarkan deh penjelasan mengenai aset dari opini yang lainnya”. RObert T. Kiyosaki dalam bukunya Rich Dad Poor Dad mengatakan bahwa aset adalah sesuatu yang akan menjadi sumber pendapatan, dan bukan sumber pengeluaran. Rumah sewaan adalah aset, saham juga aset, dsb. Sedangkan Di femina-online menjelaskan bahwa aset adalah sesuatu yang menghasilkan pemasukan uang kepada pemilinya. Intinya sih aset adalah sesuatu yang selalu bisa menghasilkan uang meskipun kita sedang tidur. Atau anda mempunyai sesuatu yang terus meningkat nilai ekonominya.
Aset itu Contohnya nih kalau kita punya uang Rp 100 juta, terus uang tersebut dijadikan modal buat membangun kos-kosan. Setelah jadi kosan tersebut, orang-orang pada nyewa kosan kita, nah kita kan sekalipun nggak kerja tapi uang tiap bulannya ngalir terus tuh, bagaikan air terjun yang mengalir tanpa disuruh-suruh. Kosan itulah sebagai asetnya.
Kitapun sebenarnya bisa banget lho membangun aset bukan hanya didunia semata dalam bentuk harta tapi juga diakhirat kelak yang pastinya dalam bentuk pahala. Caranya adalah dengan melakukan amal jariyyah.
Tahu nggak amal jariyyah? Amal jariyyah itu adalah amalan kebaikan yang apabila kita mengusahakannya (ikhtiar), maka Allah akan memberikan kepada kita ganjaran pahala yang tiada putus-putusnya sekalipun ajal sudah menjemput. Contoh kecilnya amal jariyyah nih, sebut saja si Fulan, Kita memberikan pekerjaan atau modal usaha untuk si Fulan yang membutuhkan pekerjaan. Kemudian dengan modal dari kita tersebut usaha yang dirintis si Fulan berhasil dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Tapi kita tidak mengharafkan imbalan atas itu bahkan uang yang dipinjamnya untuk modal usaha tersebut di ikhlaskan begitu saja. Itulah salah satu bentuk amal/shodaqoh jariyyah. Kalau usahanya si Fulan terus berkembang pesat maka kitapun dapat komisi pahala dari Allah SWT tanpa putus-putusnya sekalipun kita sudah meninggalkan dunia yang fana ini. Atau contoh lainnya nih, kita punya tanah yang luas, lau dengan tanah itu kita wakafkan untuk pembangunan masjid. Setelah selesai masjid itu dibangun sehingga masyarakatpun sering sholat disana, kitapun dapat komisi pahala dari Allah SWT tanpa putus-putusnya sekalipun kita sudah meninggalkan dunia yang fana ini.
Amal jariyyah juga bisa dalam bentuk lain. Misalnya kita punya anak yang berbakti, terus kita meninggal, dan sepeninggalnya kita, anak tersebut terus mengirimkan do'a kepada kita orang tuanya . Do'a itupun kemudian mencair menjadi pahala untuk kita. Atau kita punya ilmu yang bermanfaat. Dan dengan ilmu tersebut diamalkan oleh orang banyak sehingga bermanfaat, itupun bisa jadi amal jariyyah. Hal-hal tersebut ada kok dalam hadits shohih;
Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara; shodaqoh jariyyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang berdoa kepadanya.(HR Muslim)
Dalam riwayat Ibn Majah, Rasulullah SAW menambahkan tiga amal di atas, Rasulullah SAW bersabda, ''Sesungguhnya amal dan kebaikan yang terus mengiringi seseorang ketika meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat, anak yang dididik agar menjadi orang shaleh, mewakafkan Alquran, membangun masjid, membangun tempat penginapan bagi para musafir, membuat irigasi, dan bersedekah.'' (HR Ibn Majah).
OK, Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian dalam Catatan Akbar kali ini. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang menyinggung baik dikatakan dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Semoga untuk kalian bermanfaat, dan akan menjadi amal jariyyah untuk saya pribadi. Syukron.


Anda sedang membaca artikel tentang Tips Membangun Aset di Akhirat Kelak dan anda bisa menemukan artikel Tips Membangun Aset di Akhirat Kelak ini dengan url http://duniawebra-inspirasiku.blogspot.com/2010/12/tips-membangun-aset-di-akhirat-kelak.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya dan mengeditnya jika artikel Tips Membangun Aset di Akhirat Kelak ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips Membangun Aset di Akhirat Kelak sumbernya.

Terjemahkan Dengan Bahasa: by

Baca juga ini:



posted under |

1 komentar:

Lahan Industri [Balas/Tanggapi...] mengatakan...

artikel yang menarik

ngomong2 blog agan ini juga aset akhirat ya, coz isinya bermanfaat buat pembaca :D

thanks ya mas untuk ingetin bersedekah

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Tentang Penulis

Foto saya
Perkenalkan namaku Ridwan Akbar, Aku lahir di kota Majalengka. Terima Kasih! ^_^

Catatan Inspirasiku

Pendukungku

bunga-jodoh.com

Kalender Masehi

Iklan Pilihan


Recent Comments