Tutorial Simulasi Jaringan Dengan Cisco Packet Tracer (Bag 1)

Jujur, setelah sekian lamanya belajar jaringan komputer, baru kali ini Saya benar-benar punya gambaran yang sangat jelas, akan bagaimana membuat jaringan LAN (Local Area Network) yg bukan hanya ada dalam 1 ruangan saja, melainkan juga 1 jaringan yang terhubung pada banyak ruangan bahkan antar gedung. Ya,  Sekalipun pembelajaran itu hanyalah berbentuk simulasi, namun sungguh, itu hasilnya lebih memuaskan ketimbang dulu sewaktu praktikum jaringan komputer, baik diwaktu masih duduk dibangku sekolah kejuruan, maupun saat ini dibangku kuliah yg menurut saya hanya mendapatkan ilmu cuman “secuil” saja!
Program aplikasi Simulasi yang saya maksudkan disini adalah bernama Cisco Packet Tracer. Packet Tracer adalah suatu tool   yang  di  sediakan oleh  Cisco System Inc,  untuk digunakan dalam Cisco Network Academy Program (CNAP). Tool  ini  sangat power foil untuk membantu para  siswa dalam prosess pembuatan/simulasi suatu jaringan topologi yang  akan  di buat.
Packet  Tracer  memungkinkan  user   melakukan  simulasi seolah - olah   topologi tersebut sudah diimplementasikan secara nyata dengan Cisco device yang  nyata. User juga       dapat       melihat     apakah     konfignrasi     yang       dilakukan     pada       switch, router, wireless ataupun PC benar  adanya atau tidak.
Jadi, dengan adanya software simulasi semacam packet tracer, maka sangat memberi kemudahan untuk mempraktekkan teori-teori yang telah kita dapati. Kita hanya perlu menginstall software, sehingga tidak perlu membeli device-device yang kita perlukan. Dan software ini biasa juga digunakan untuk para ahli jaringan sebelum mendeploy sebuah jaringan di perusahaan atau instansa-instansi terkait.
Namun amat sangat disayangkan, sekalipun bagus, program aplikasi ini sifatnya Close Source. Jadi apabila diantara kalian ada yang berminat pada program aplikasi tersebut, maka silahkan membelinya terlebih dahulu!
Ok, to the point saja yach!  Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menjalankan Cisco Cisco Packet Tracer! Dimulai dari membuat 1 jaringan client server dalam sebuah ruangan! Anggap saja ruangan itu kita beri nama Lab1. Didalam Lab1 tersebut terdapat 3 unit komputer yang satu sama lainnya belum terhubung jaringan.
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan perlengkapannya, seperti; kabel yang telah dibuat Straight-strought dan Hub/switch! Caranya silahkan lihat menu yang ada dibawah program aplikasi packet tracer. Disana ada pilihan seperti berbagai macam router, switches, hub, connection, end devices, dll! Kemudian pilihlah peralatan yang kita rencanakan tadi dengan cara menggeser dari alat-alat yang kita inginkan ke papan aplikasi.

Kemudian pasangkan tiap kabel UTP yg sudah dibuat straight-strought itu tadi, kepada tiap-tiap komputer dan kemudian sambungkan kepada switch dengan “colokannya” Fast Ethernet!

Setelah dipasangkan, Maka isikan kepada tiap komputer itu masing-masing data dgn cara static (mengisikan sendiri secara manual), yakni dengan cara letakkan cursor kearah icon komputer kemudian double click, akan muncul form PC 1. Disana buka tab desktop dan pilih IP Configuration!

Misalkan saya isi tiap komputer itu IP Adress kelas C dgn ketentuan sbg berikut;
  1. PC 1
IP Address: 192.168.1.1
Subnet Mask: 255.255.255.0
  1. PC 2
IP Address: 192.168.1.2
Subnet Mask: 255.255.255.0
  1. PC 3
IP Address: 192.168.1.3
Subnet Mask: 255.255.255.0

Setelah semuanya terisi pada data-data diatas, maka silahkan cek apakah setiap komputer tersebut sudah terhubung jaringan, dengan cara tes PING. Misalkan dari PC 3 ingin terhubung kepada PC 1, maka ketikkan di command prompt (pilihan masih berada di tab desktop) yakni: PING 192.168.1.1
Lakukan semuanya dari cara diatas kepada setiap komputer. Apabila dapat terhubung semuanya dan muncul kalimat seperti “Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time=31ms TTL=128”, Maka tutorial ini dinyatakan berhasil!

Nah, ini baru 1 jaringan dalam 1 ruangan! Sebetulnya sih utk cara diatas, sebelum saya mengenal Cisco packet tracer, dari dulu saya sudah tahu! Lantas bagaimana apabila kita pasangkan 1 jaringan didalam beberapa ruangan dengan masing-masing ruangan yg alamat Net id-nya berbeda? Silahkan temukan jawabannya pada tutorial Catatan Akbar yang berikutnya! Silahkan klik disini! ^_^
OK, Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian di Catatan Akbar kali ini. Semoga untuk kalian bermanfaat, dan akan menjadi amal jariyyah untuk saya pribadi. Akhir kata saya ucapkan “Selamat Mencoba !!!”.

Anda sedang membaca artikel tentang Tutorial Simulasi Jaringan Dengan Cisco Packet Tracer (Bag 1) dan anda bisa menemukan artikel Tutorial Simulasi Jaringan Dengan Cisco Packet Tracer (Bag 1) ini dengan url http://duniawebra-inspirasiku.blogspot.com/2012/05/tutorial-belajar-simulasi-jaringan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya dan mengeditnya jika artikel Tutorial Simulasi Jaringan Dengan Cisco Packet Tracer (Bag 1) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tutorial Simulasi Jaringan Dengan Cisco Packet Tracer (Bag 1) sumbernya.

Terjemahkan Dengan Bahasa: by

Baca juga ini:



5 komentar:

Muhammad Adi Surya [Balas/Tanggapi...] mengatakan...

makasih gan atas informasi nya , saya kuliah semester 5 di jurusan Manajemen Informatika , namun tidak mengetahui , tentang jaringan
... banyak sekali artikel di http://duniawebra-inspirasiku.blogspot.com/ ini yang sangat penting untuk di pelajari ..

Anonim [Balas/Tanggapi...] mengatakan...

thank,s ilmunya mas bro....

Unknown [Balas/Tanggapi...] mengatakan...

mas apakah cisco packet tracer ini bisa digunakan untuk simulasi jaringan yang menggunakan router mikrotik??

sahrul [Balas/Tanggapi...] mengatakan...

makasih ya gan untuk infonya

Unknown [Balas/Tanggapi...] mengatakan...

makasih gan infonya, sangat bisa dipahami oleh pemula kaya saya :'D

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Tentang Penulis

Foto saya
Perkenalkan namaku Ridwan Akbar, Aku lahir di kota Majalengka. Terima Kasih! ^_^

Catatan Inspirasiku

Pendukungku

bunga-jodoh.com

Kalender Masehi

Iklan Pilihan


Recent Comments