Cerpen: Perjuangan Cinta si Bodoh Rodrigo

Rodrigo adalah seorang anak dari keluarga yang sangat terpandang di kampungnya. Ayahnya seorang pejabat tinggi sedangkan Ibunya seorang Artis ternama. Namun sayangnya di balik semua keberuntungan itu ternyata Rodrigo di takdirkan sebagai anak yang lemah otak. Hal tersebut baru diketahui ketika Rodrigo di periksakan ke Dokter Rumah Sakit sejak usianya masih menginjak BaTiTa (Bayi Tiga Tahun).
Semenjak kanak – kanak dirinya terlalu di manja oleh ke dua orang tuanya. Apapun keinginannya selalu dituruti & masa kecilnya di lalui dengan bahagia. Kegiatan di sekolah Rodrigo termasuk seorang siswa yang terkenal Hyper active oleh sang Guru, bahkan sering membuat gaduh & keonaran dikelasnya. Tak heran apabila Rodrigo sering di setrap oleh guru pengajarnya & Rodrigo seorang siswa yang pemalas sehingga dirinya terancam tahun ini tidak akan naik kelas.
Merasa malu dengan perilaku Rodrigo di sekolah atas penuturan dari gurunya ketika bagi Raport. Bukannya menasihati sang anak eh Orang tuanya malahan menyogok sang Guru dengan uang agar si anak tidak jadi tinggal di kelasnya, & kejadian seperti itu selalu terulang kembali hingga Rodrigo melanjutkan study ke bangku Perguruan Tinggi.
6 tahun kemudian, kini Rodrigo sudah tumbuh menjadi remaja, namun sifat kekanak – kanakannya masih nampak. Perpisahan dengan teman – teman sekelasnya di rasanya semakin dekat ketika di umumkannya kelulusan pada UAN di tingkat SLTA. Semua murid kelihatan ceria & sudah menjadi tradisi melakukan aksi coret – mencoret seragam dengan warna – warni sebagai kenangan dimasa sekolah. Lain halnya dengan Rodrigo, walaupun dirinya juga dinyatakan lulus tapi di hatinya merasa sedih karena menaruh hati dengan Tyas teman sekelasnya yang hingga kini tak punya nyali untuk mengungkapkan cintanya.
Berat hati berpisah dengan sang pujaan hati, maka Rodrigo bertekad untuk bersama – sama kembali dengan Tyas di PTN yang di pilih olehnya dengan jurusan yang sama pula. Segala cara telah di tempuhnya termasuk lewat jalur belakang (nyogok) agar masuk di PTN terfavorit di Fakultas Kedokteran. Ketika keinginannya tersebut terpenuhi, namun sayangnya Tyas gagal masuk PTN tersebut. Alangkah hancurnya hati Rodrigo ketika mendengar berita tersebut dari Tyas sendiri.
Hari pertama masuk kuliah di rasakan Rodrigo begitu berat. Tinggal berjauhan dengan Orangtuanya memaksa Rodrigo untuk menginap di Kosan kecil bersama dengan teman – teman yang lainnya. Di kampus tidak ada pelajaran satupun yang nempel keotaknya, semua serba susah. Ketika ujian datang nilai Rodrigo selalu di bawah rata – rata kelas, oleh wali Dosennya Rodrigo di cap sebagai Mahasiswa terbodoh.
Malu dengan keadaan seperti demikian, Rodrigo mencoba untuk memutar otak & “Eng -,Ing, Eng”akhirnya ide cemerlangpun datang juga. Dengan memanfaatkan uang Orang tuanya, Rodrigo selalu mengiming – imingi hadiah besar kepada temannya agar mau membantunya di kala ujian berlangsung. Dengan begitu hati Rodrigo merasa lega & tidak perlu repot lagi untuk belajar & waktunya selalu ia habiskan dengan berfoya – foya.
Kesenangan itu ternyata hanya bisa di rasakannya sesaat. Ayahnya mengalami musibah, beliau di tuduh melakukan tindakan korupsi dari uang Rakyat. Mendengar berita tersebut dari Ibunya, Kontan membuatnya sedih & menangis bercampur malu. Keadaan seperi itu membuatnya urung untuk pergi kuliah karena malu banyak temannya mengetahui berita tersebut.
Kini uang jajan yang di berikan tiap minggu oleh Orang tuanya menurun drastis sehingga membuat Rodrigo tidak bisa lagi berfoya – foya & membayar kepada temannya untuk di mintainya bantuan. Perubahan perilakunya amat drastis, Dia jadi tidak gaul lagi. Bahkan sering mengurung diri di dalam kamar. Rodrigo serasa tak punya teman lagi. Sebagai pelampiasan, anak pejabat ini sering berbicara sendiri di kala kesepian datang.
Ujian semesteran kembali datang. Tidak ada lagi teman yang mau membantunya secara gratisan. Al hasil nilai ujiannyapun jeblok. Hal tersebut membuat Rodrigo jengkel di tambah lagi rasa rindunya terhadap Tyas membuatnya semakin frustasi. Karena hampir semua nilai mata kuliahnya E & sering membolos kuliah yang kemudian tidak bisa di tolerir lagi oleh pihak Fakultas maka Rodrigo mendapatkan sanksi dikeluarkan sehingga mau tidak mau dengan terpaksa ia harus rela pergi dari fakultas tempatnya menimba ilmu Kedokteran.
Tidak mau hal tersebut diketahui oleh Orang tuanya dikarenakan akan menjadi pukulan yang berat bagi Beliau, maka dengan sisa uang tabungannya secara sembunyi – sembunyi Rodrigo mendaftarkan diri ke Universitas tempat dimana Tyas melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi & kali ini Rodrigo mengambil jurusan yang sesuai dengan keinginannya di Fakultas Psikologi (ilmu tentang kejiwaan).
Hari pertama menjalani kehidupan di kampus barunya itu serasa menyenangkan. Karena pelajaran – pelajarannya sangat di sukai maka mudah sekali Rodrigo menyerap pelajaran tersebut yang di bawakan oleh sang Dosen. Ketika istirahat Rodrigo secara tak sengaja bertemu dengan Tyas, tetapi ketika hendak menyapanya ternyata ada seorang pria menggenggam tangannya dengan mesra. Melihat itu Hati Rodrigo seakan remuk tak percaya bila pujaan hatinya sudah punya kekasih hati.
Kemarin langit seakan cerah tetapi kini berubah kembali menjadi mendung, itulah gambaran hati Rodrigo saat ini.Kini Rodrigo berubah menjadi pembangkang. Sebenarnya tindakan tersebut salah satu usaha Rodrigo menarik perhatian Tyas. Dia merasa sejak Tyas punya kekasih, Tyas tidak mau lagi bermain & memperhatikannya. Namun yang di dapat Rodrigo justru cerca’an demi cerca’an yang di lontarkan oleh Tyas.
Rodrigo merasa dunia ini tidak adil pada dirinya. Ia mencoba untuk melupakan Tyas & memulai hidup dengan benar & berkonsentrasi penuh terhadap jurusan yang diminatinya. Ia tidak mau lagi mengecewakan Orang tuanya. Karena perbekalannya menipis & mengetahui keuangan keluarganya bermasalah, maka Rodrigo mencari solusinya dengan mencoba Kuliah sambil bekerja. Pertama – tama ia kerjakan dengan sangat berat & melelahkan tetapi seterusnya berjalan dengan mulus. Apapun ia kerjakan mulai dari berdagang, Kasir, bahkan menjadi Kuli di sebuah pabrik.
Pengalaman bekerja itu membuat Rodrigo sadar bahwa mencari uang itu tidak semudah membalikkan telapak tangannya, seperti tempo dulu menginginkan apa – apa tinggal minta. Karena bekerja sambil kuliah, Rodrigo menjadi seorang yang cekatan & menjadikannya berfikiran Dewasa. Masa lalunya yang pahit di jadikan suatu hikmah yang besar baginya.
Hari demi hari di laluinya dengan kebahagiaan. Nilai – nilai ujiannya berangsur semakin membaik bahkan dengan hasil perjuangannya sendiri semesterannya mencapai IP 3,48. Prestasinya di kampus semakin menghantarkannya mendapatkan beasiswa sehingga dengan hasil keringatnya sendiri ia sudah mampu membiayai hidupnya tanpa meminta bekal lagi pada Orang tuanya.Hal tersebut menjadikan dirinya disukai teman – temannya khususnya para wanita & dengan demikian Rodrigo dapat melupakan Tyas serta berhasil mendapatkan seorang kekasih yang dapat menerimanya dengan apa adanya.
3 tahun kemudian Rodrigo akan mengambil Skripsi. Kini saatnya berkata jujur kepada orang tuanya bahwa dirinya telah pindah jurusan. Mendengar penuturan dari sang anak beliau menjadi sedih bercampur marah dan berkata “ kamu tuh dasar goblok sudah di masukin ke sekolah kedokteran mahal - mahal bukannya benar – benar eh malah pindah, dasar anak nggak tahu di untung !!!” mendengar ucapan beliau yang di lontarkan dengan pedas & kasar membuatnya ciut.
Rodrigo kembali berangkat ke kampus dengan perasaan sedih. Beberapa bulan lagi dirinya akan resmi lulus & mendapatkan gelar Sarjana Psikologi. Karena telah menerima bekal yang cukup dari Ibunya, maka Ia berhenti dari pekerjaannya. Hari demi hari di sibukkannya dengan belajar, belajar & terus belajar. Bahkan saking seriusnya belajar sehingga tidak bisa meluangkan waktu dengan Riska sang kekasih & akhirnya mereka berdua putus. Belajar menjadi prioritas utamanya demi mendapatkan nilai akhir yang memuaskan.
Kejadian itu membuat Rodrigo patah semangat, tapi mati 1 tumbuh 1000. Dengan mudahnya ia mempunyai gandengan baru yaitu Tyas pujaan hatinya yang dulu. Wisudapun akhirnya datang juga teman – temannya kelihatan ceria, lain halnya dengan Rodrigo yang merasa sedih karena tidak ada pihak keluarganya satupun yang sudi menjenguknya hanya di temani oleh Tyas kekasihnya yang sudah lulus duluan. Setelah Lulus Rodrigo mempersembahkan gelarnya dengan hasil akhir Cumlaude pada sang Ibu tercinta, Namun hanya di terimanya dengan setengah hati. Walaupun demikian Rodrigo tetap selalu menyayangi Ibunya.
Beberapa minggu kemudian Rodrigo di lamar menjadi seorang Kriminolog. Profesi itu di sambutnya dengan baik & Dari pekerjaannya tersebut akhirnya Rodrigo dapat mengungkap takbir kejahatan yang mengkambinghitamkan sang ayah atas tuduhan khasus Korupsi & berhasil menangkap pelaku yang sebenarnya. Dari perkara yang di pecahkannya itu membuat Ayahnya di bebaskan dari belenggu penjara.
Kini Rodrigo menjadi Orang yang sukses berguna bagi bangsa & Negara. Ibunya yang dulu marah kepadanya di buat bangga olehnya. Ayahnya kembali menjadi seorang pejabat tinggi bahkan kedudukannya lebih tinggi dari sebelumnya. Beberapa saat kemudian Rodrigo akhirnya resmi menikah dengan sang pujaan hati di kala sekolah dulu. Lengkaplah sudah kebahagiaannya, Tyas yang dulu sangat di cintainya kini telah menjadi seorang Istri yang penurut & setia.
SEKIAN.......

Anda sedang membaca artikel tentang Cerpen: Perjuangan Cinta si Bodoh Rodrigo dan anda bisa menemukan artikel Cerpen: Perjuangan Cinta si Bodoh Rodrigo ini dengan url http://duniawebra-inspirasiku.blogspot.com/2011/01/cerpen-perjuangan-cinta-rodrigo.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya dan mengeditnya jika artikel Cerpen: Perjuangan Cinta si Bodoh Rodrigo ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cerpen: Perjuangan Cinta si Bodoh Rodrigo sumbernya.

Terjemahkan Dengan Bahasa: by

Baca juga ini:



0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Tentang Penulis

Foto saya
Perkenalkan namaku Ridwan Akbar, Aku lahir di kota Majalengka. Terima Kasih! ^_^

Catatan Inspirasiku

Pendukungku

bunga-jodoh.com

Kalender Masehi

Iklan Pilihan


Recent Comments